Pengaruh Intergreen terhadap Kinerja Simpang Bersinyal Jl. Prof Moh Yamin – Jl. Abdurrahman Saleh di Kota Palu

Ahmad Syandi, Anas Tahir

Abstract


Permasalahan pada simpang Jalan Prof. Moh Yamin – Jalan Dr. Abdurrahman
Saleh terletak pada waktu sinyal Traffic Light, dimana nilai pada waktu sinyal All Red
(semua merah) yaitu 5 detik sehingga nilai Intergreen (waktu antar hijau) menjadi 8
detik melebihi nilai normal pada MKJI 1997, yang mengakibatkan kendaraan
memerlukan waktu lebih lama pada saat melewati simpang tersebut. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh intergreen terhadap kinerja simpang bersinyal.
Pelaksanaan pengambilan data volume lalu lintas pada hari Selasa,07 September 2021.
Waktu survei dibagi menjadi 3 jam puncak pagi, siang, dan sore hari pengambilan data
volume lalu lintas menggunakan kamera CCTV. Volume lalu lintas tertinggi pada jam
puncak sore hari (16:00 – 18:00) WITA. Penanganan simpang Jalan Prof. Moh Yamin –
Jalan Dr. Abdurrahman Saleh terdapat empat skenario, skenario satu yang sangat
berpengaruh terhadap kinerja simpang Jalan Prof. Moh Yamin – Jalan Dr. Abdurrahman
Saleh. Secara analisis dapat mempengaruhi kinerja simpang khususnya meningkatkan
nilai kapasitas sebesar 9%, mengurangi nilai derajat kejenuhan sebesar 9%, serta
mengurangi nilai tundaan sebesar 22%. Dalam penanganan simpang Jalan Prof. Moh
Yamin – Jalan Dr. Abdurrahman Saleh dilakukan empat skenario penanganan simpang
Jalan Prof. Moh Yamin – Jalan Dr. Abdurrahman Saleh. Skenario satu yang
memungkinkan untuk di terapkan di lapangan diperoleh waktu sinyal All Red (semua
merah) yaitu 2 detik, nilai Intergreen (waktu antar hijau) yaitu 5 detik, dengan
menyesuaikan waktu sinyal hijau berdasarkan waktu siklus 173 detik. Diperoleh nilai
tundaan pada seluruh lengan simpang yaitu ≥ 60 det/smp dengan tingkat pelayanan
simpang dalam kategori F.


Keywords


Waktu Antar Hijau, MKJI 1997, Simpang Bersinyal, Tingkat Pelayanan Simpang.

Full Text:

PDF

References


Alamsyah, A.A., (2005), Rekayasa Lalu

Lintas, Universitas

Muhammadiyah Malang; Malang.

Badan Pusat Statistik. 2021. Kota Palu

dalam Angka 2021. Kantor

Badan Pusat Statistik, Sulawesi

Tengah.

Direktorat Jenderal Bina Marga. 1997.

Manual Kapasitas Jalan

Indonesia (MKJI). Sweroad and

PT. Bina Karya (Persero). Jakarta.

Google Earth. 2021. Simpang Jalan Prof.

Moh. Yamin – Jalan Dewi Sartika

Jurusan Teknik Sipil. (2019). Pedoman

Penulisan Tugas Akhir. Fakultas

Teknik. Universitas Tadulako

Palu.

Khairuddin M.Y (2014). Studi

Optimalisasi Simpang Empat

Bersinyal Di Simpang Empat Air

Hitam Kota Samarinda. Tugas

Akhir, Universitas 17 Agustus

Samarinda.

Morlok, E. (1991) Pengantar Teknik dan

Perencanaan Transportasi.

Penerbit Erlangga, Jakarta.

Nayyiron A Marafles (2003). Optimasi

Waktu siklus Simpang Bersinyal

Menurut Manual Kapasitas Jalan

Indonesia (MKJI) 1997. Tugas

Akhir,

Universitas Islam

Indonesia Yogyakarta

Peraturan Menteri Perhubungan Nomor :

PM 96 Tahun 2015. Manajemen

dan Rekayasa Lalu Lintas di

Jalan. Jakarta : Departemen

Perhubungan Direktorat Jenderal

Perhubungam Darat.

Simbolon A.T (2020). Evaluasi Durasi

Lampu Lalu Lintas Pada

Persimpangan Jalan Ring Road

- Jalan Gatot Subroto Kota

Medan.

Tugas Akhir,

Universitas Muhammadiyah

Sumatera Utara.

Welendo L Syamsul A.S (2017).

Evaluasi Waktu Siklus Pada

Simpang Bersinyal Jalan M.T

Haryono – Laode Hadi –

Brigjen Yoenoes Kota Kendari.

Vol 9 No. 1.

(http://ojs.uho.ac.id/index.php/din

amika/article/download/3222/244

. 30 Juni 2021




DOI: http://dx.doi.org/10.31963/jacee.v2i2.3707

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher by:

Jurusan Teknik Sipil
Politeknik Negeri Ujung Pandang
Jalan Perintis Kemerdekaan KM.10 Tamalanrea
Makassar 90245

Indexed by :