Analisis Dampak Kemacetan pada Ruas Jalan Urip Sumoharjo Kota Makassar terhadap Biaya Transportasi Pengguna Jalan

Aisyah Zakaria, Erning Ertami Anton, Fachrizal Rustam, Meiske Siauwan

Abstract


Padatnya aktivitas lalu lintas menyebabkan penumpukan kendaraan dititik tertentu yang mengakibatkan kemacetan, khususnya pada ruas Jalan Urip Sumoharjo Kota Makassar yang merupakan daerah komersial. Kemacetan lalu lintas membuat waktu yang dihabiskan pengguna jalan menjadi lebih lama, sehingga biaya yang dikeluarkan pengguna jalan menjadi lebih besar. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat pelayanan ruas jalan, dampak kemacetan terhadap biaya transportasi pengguna jalan serta pemilihan kendaraan berdasarkan biaya dan fleksibilitas oleh pengguna jalan dengan melalui pengolahan data menggunakan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997 untuk analisis kinerja ruas jalan, metode PCI (Pacific Consultant International) 1979 untuk Biaya Operasional Kendaraan (BOK), serta analisis pemilihan kendaraan menggunakan metode PLS-SEM dengan bantuan software SmartPLS versi 3. Adapun hasil dari penelitian ini ialah tingkat pelayanan ruas jalan yang paling rendah berada di depan Primaya Hospital pada jam puncak periode sore hari yang mencapai level D dengan nilai derajat kejenuhan sebesar 0.83. Adapun Biaya Operasional Kendaraan (BOK) untuk jenis kendaraan sepeda motor yaitu sebesar Rp. 1,083.55/km, kendaraan ringan sebesar Rp. 2,168.36/km, dan kendaraan berat sebesar Rp. 30,943.06/km, serta analisis pemilihan kendaraan berdasarkan hasil kuesioner 75,21% pengguna jalan menggunakan sepeda motor dengan hasil analisis pengaruh dominan pada pemilihan kendaraan adalah variabel Kemudahan dan Aksesibilitas dengan nilai T-statistik sebesar 2.555 > 1,96.


Keywords


Kemacetan, MKJI 1997, Biaya Operasional Kendaraan (BOK), SmartPLS versi 3

Full Text:

PDF

References


Alam, I. N. (2015). Rancangan Perda RT

RW 2010-2030 Makassar.

Slideshare.

Https://Www.Slideshare.Net/Imam5

/Rancangan-Perda-Rtrw-20102030Makassar

Basuki, I. (2008). Biaya Kemacetan Ruas

Jalan Kota Yogyakarta. Jurnal

Teknik Sipil Universitas Atma Jaya

Yogyakarta.

Biro Komunikasi dan Informasi Publik.

(2015). Benahi Transportasi Kota

Makassar, Harus Ada Langkah

Ekstrim. Kementrian Perhubungan

Republik Indonesia.

Http://Dephub.Go.Id/Berita/Baca/Be

nahi-Transportasi-Kota-Makassar,-Harus-Ada-LangkahEkstrim/?Cat=Qmvyaxrhfhnly3rpb2

tnju=

Dafit O.M. Kawulur. (2020). Analisis

Dampak Kemacetan Terhadap

Ekonomi Pengguna Jalan, Depan

Tugu Taman Kota Manado. Jurnal

Berkala Ilmiah Efisiensi.

Daihatsu Makassar. (2021). Daftar Harga

Mobil Daihatsu 2021.

Https://Www.Daihatsumakassar.Org/

Harga

Dharmawan, W. I., & Oktarina, D. (2013).

Kajian Putar Balik (U-Turn)Terhadap Kemacetan Ruas Jalan Di

Perkotaan (Studi Kasus Ruas Jalan

Teuku Umar Dan Jalan Za. Pagar

Alam Kota Bandar Lampung)(247t).

Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI),

Jakarta (1997).

Dwi Hari Sutaji, H. M. K. (2020).

Optimasi Tingkat Pelayanan Pada

Ruas Jalan Urip Sumoharjo Dengan

Adanya U-Turn. Politeknik Negeri

Ujung Pandang.

Keputusan Gubernur Sulawesi Selatan

Nomor 1162/Iv/Tahun 2020, (2019).

Hartono, J. (2011). Konsep Dan Aplikasi

Structural Equation Modeling (Sem)Berbasis Varian Dalam Penelitian

Bisnis. In Upp Stim Ykpn.

Hobbs, F. D. (1995). Perencanaan Dan

Teknik Lalu Lintas. Penerbit Gadjah

Mada.

Indonesia, P. (2004). UU No. 38 Tentang

Jalan. Sekretariat Negara.

Isuzu Makassar. (2021). Daftar Harga

Isuzu. Https://IsuzuMakassar.Com/Pricelist/

Karya, J., & Sipil, T. (2014). Analisis

Perbandingan Biaya Operasional

Kendaraan (Bok) Jalan Lingkar

Ambarawa Dan Jalan Eksisting. In

Halaman *) Penulis Penanggung

Jawab Jurnal Karya Teknik Sipil

(Vol. 3, Issue 2).

Lestari, A. T. (2018). Hubungan Antara

Kerusakan Jalan Dan Biaya

Operasional Kendaraan Pada Jalan

Kolektor Perkotaan Jember.

Rekayasa Sipil Dan Lingkungan.

Lestarini, W. (2007). Pengaruh Status

Sosial Ekonomi Terhadap Pemilihan

Moda Transportasi Untuk Perjalanan

Kerja (Studi Khasus Karyawan

Pt.Ssswi Kabupaten Wonosobo).

Lubis, Y. A. (2016). Analisis Biaya

Kemacetan Kendaran Di Jalan

Setiabudi (Studi Kasus Depan

Sekolah Yayasan Pendidikan

Shafiyyatul Amaliyyah) (Ypsa).

Jurnal Warta Edisi

 : 48, April.

Magfirah, N. A. (2019). Analisis

Produktivitas Alat Berat Terhadap

Perencanaan Dan Aktual Pada

Proyek Jalan Tol Layang

A.P.Pettarani. Politeknik Negeri

Ujung Pandang.

Maptuhi, A. C., Farida, I., &

Susetyaningsih, A. (2018). Kerugian

Finansial Akibat Kemacetan Ditinjau

Dari Bahan Bakar Minyak Di

Kabupaten Garut ( Studi Kasus Jalan

Jendral Ahmad Yani ). Jurnal

Konstruksi Sekolah Tinggi

Teknologi Garut, Vol.16 No., 9–22.

Marketing Motor. (N.D.). Daftar Harga &

Promo Dealer Motor Makassar.

Https://Www.MarketingMotor.Com/Kawasaki/Makassar/

Menteri Perhubungan Republik Indonesia.

(2019). Keputusan Menteri

Perhubungan Republik Indonesia

Nomor Kp 348 Tahun 2019. Menteri

Perhubungan Republik Indonesia.

Miro, F. (2012). Pengantar Sistem

Transportasi. Buku.

Muhammad Yusran Syarif, N. A. S.

(2020). Konsep Manajemen Lalu

Lintas Simpang Boulevard-A.P.

Pettarani Pasca Pembukaan Tol

Layang Pettarani. Politeknik Negeri

Ujung Pandang.

Munawar, A. (2005). Dasar-Dasar Teknik

Transportasi.

Musthain. (2020). Jumlah Kendaraan

Berlebih Biang Macet Di Makassar.

Makassarmetro.Com.

Https://Makassarmetro.Com/2020/03

/05/Jumlah-Kendaraan-BerlebihBiang-Macet-Di-Makassar

Pemerintah Republik Indonesia. (2006).

Peraturan Pemerintah Nomor 34

Tahun 2006 Tentang Jalan. Jakarta.

Rahmad Solling Hamid, & Anwar, S. M.

(2019). Structural Equation

Modeling (SEM) Konsep Dasar Dan

Aplikasi Program Smart Pls 3.2.8

Dalam Riset Bisnis. In Pt. Inkubator

Penulis Indonesia.

Ritonga, D., Timboeleng, J. A., & Kaseke,

O. H. (2015). Analisis Biaya

Transportasi Angkutan Umum

Dalam Kota Manado Akibat

Kemacetan Lalu Lintas. Jurnal Sipil

Statik, 3(1), 58–67.

Https://Ejournal.Unsrat.Ac.Id/Index.

Php/Jss/Article/View/6797

Septian Dwi Wahyu, B. S. (2019).

Pengaruh U-Turn Terhadap Kinerja

Dan Biaya Perjalanan Kendaraan

Pada Ruas Jalan Perintis

Kemerdekaan Makassar. Politeknik

Negeri Ujung Pandang.

Sugianto Putri, C. (2016). Pengaruh Media

Sosial Terhadap Keputusan

Pembelian Konsumen Cherie

Melalui Minat Beli. Performa: Jurnal

Manajemen Dan Start-Up Bisnis.

Sukirman, S. (1994). Dasar - Dasar

Perencanaan Geometrik Jalan. Buku.

Toyota Kalla. (2021). Harga Terbaru

Mobil Toyota Makassar 2021.

Https://Www.Kallatoyota.Info/Harga

-Toyota-Makassar

Tri Lestari, A., Hasanudin, A., &

Kriswardhana, W. (2015). Hubungan

Antara Kerusakan Dalan Dan Biaya

Operasional Kendaraan Pada Jalan

Kolektor Perkotaan Jember. Jurnal

Rekayasa Sipil Dan Lingkungan,

(1).

Umum, D. J. B. M. – D. P. (N.D.). Traffic

Management – Regional Cities

Urban Transport Dki Jakarta

Training. Jakarta.

Wahab, W., & Pruima, A. (2019). Studi

Analisis Pemilihan Moda

Transportasi Umum Darat Di Kota

Padang Antara Kereta Api Dan Bus

Damri Bandara Internasional

Minangkabau. Jurnal Teknik Sipil

Itp, 6(1), 30–37.

Https://Doi.Org/10.20163/Jts.2019.V

05

Wahab, Wirdayani. (2017). Pengaruh

Kualitas Pelayanan Terhadap

Kepuasan Nasabah Industri

Perbankan Syariah Di Kota

Pekanbaru. Jurnal Kajian Ekonomi

Islam.

Yamaha. (N.D.). Yamalube.

Https://Www.YamahaMotor.Co.Id/PartAccessories/Yamalube/

Zulfahmi Suriadi, F. R. (2020). Optimasi

U-Turn Pada Ruas Jalan Tun Abdul

Razak. Politeknik Negeri Ujung

Pandang.




DOI: http://dx.doi.org/10.31963/jacee.v1i2.3000

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher by:

Jurusan Teknik Sipil
Politeknik Negeri Ujung Pandang
Jalan Perintis Kemerdekaan KM.10 Tamalanrea
Makassar 90245

Indexed by :