Sistem Informasi Geografis Kualitas Air Sumur Di Kota Makassar

Kissan S.T., Makmur Rauf, Mary Selintung, Bambang Bakri

Abstract


Air merupakan kebutuhan pokok bagi manusia sehingga ketersedian air bersih untuk kelangsungan hidup manusia mutlak diperlukan. Kecamatan Biringkanaya sebagai salah satu kecamatan di Kota Makassar ketersedian air bersih dan air minum sangat terbatas. Hal ini ditandai dengan pelayanan PDAM yang belum terjangkau diseluruh wilayah kecamatan ini. Umumnya penduduk mengandalkan kepada sumur gali didaerahnya. Akan tetapi dengan terbatasnya informasi terkait air bersih khususnya didaerah ini maka penelitian ini bertujuan memberikan informasi tentang kualitas air berbasis Sistem Informasi Geografis. Dari 890 sumur gali di kecamatan ini diambil masing-masing satu sampel ditiap kelurahan untuk diuji dilaboratorim dan disajikan dalam bentuk SIG. Hasil menunjukkan bahwa di 7 (tujuh) kelurahan di Kecamatan Biringkanaya, kualitas air bersih tergolong dalam kategori tercemar sedang dengan nilai IP > 5 sedangkan untuk air minum kualitas air minum tergolong tercemar berat

Keywords


Sistem Informasi georafis, Mutu air

Full Text:

PDF

References


Wenten, "Teknologi Membran Dalam Pengolahan Air dan Limbah," in Konferensi Persatuan Insinyur Indonesia, Bandung, 2005.

P. N. Raharjo, "Masalah Pemenuhan Kebutuhan Air Bersih Tiga Desa Di Kabupaten Ende," Pusat Teknologi Lingkungan, BPPT, 2008.

R. Suryana, "Analisis Kualitas Air Sumur Dangkal di Kecamatan Biringkanayya Kota Makassar (Skripsi)," Jurusan Sipil Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin, Makaasar, 2013.

Kementrian Negara Lingkungan Hidup, "Keputusan Menteri Lingkungan Hidup No. 115 Tentang Pedoman Penntuan Status Mutu Air Dengan Metode Indeks Pencemaran," Deputi MENLH, Jakarta, 2005.

I. Mangatur, Sistem Informasi Geografis:Pengertian dan Aplikasinya, Yogyakarta: STIMIK AMIKOM Yogyakarta, 2010.

Aini, Sistem Informasi Geografis Pengertian dan Aplikasinya.Artikel Kuliah Sistem Informasi, Jogyakarta: STMIK AMIKOM. Yogyakarta, 2007.

W. Widyaningsih, Supriharyono and Niniek Widyorini, "Analisis Total Bakteri Coliform Di Perairan Muara Kali Wiso Jepara," Diponegoro Journal Of Maquares Management Of Aquatic Resources, vol. 5, no. 3, pp. 157 - 164, 2016.

J. Anisafitri, Khairuddin and D. A. C. Rasmi, "Analisis Total Bakteri Coliform Sebagai Indikator Pencemaran Air Pada Sungai Unus Lombok," Jurnal Pijar MIPA, vol. 15, no. 3, 2020.

S. P. Saraswati, Sunyoto and B. A. Kironoto, "Kajian Bentuk Dan Sensitivitas Rumus Indeks Pi, Storet, CCME Untuk Penentuan Status Mutu Perairan Sungai Tropis Di Indonesia," Jurnal Manusia dan Lingkungan, vol. 21, no. 2, pp. 129 - 142, 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.31963/jacee.v1i1.2706

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher by:

Jurusan Teknik Sipil
Politeknik Negeri Ujung Pandang
Jalan Perintis Kemerdekaan KM.10 Tamalanrea
Makassar 90245

Indexed by :