Rekayasa Lalu Lintas Pada Kawasan Simpang Jl. Lingkar Tengah – Jl. DR. Leimena Di Kota Makassar

Main Article Content

Mellyarti Mellyarti
Zulkifli Zulkifli

Abstract

Transportation problem, either in general or specifically in traffic, is a phenomenon occuring in human life. As the population of city increased, so does the traffic rate. If this is not followed by adequate improvement of transportation infrastructure, an imbalance might occur which will result in traffic jam. It can be seen particularly at Lingkar Tengah – Dr. Leimena road junction connecting Jalan Perintis Kemerdekaan - Dr Leimena road due to driver/rider against the direction. Data analysis and planning using method of road capacity manual (MKJI 1997) and the traffic modelling using PTV Vissim. Based on road performance analysis it is known that DS (degree of saturation) is 0.12 with service level ‗A‘ and average speed ≥23km/h with service level ‗D‘. From the calculation result, modelling is conducted using PTV Vissim modelling. Alternative for handling the intersection is using 2 methods, which are traffic light signaling for 3 phases with immediate straight at west corner and immediate left turning at east corner and bridge closure on Dr. Leimena road. Using PTV Vissim, the result is that intensity of travel time increases about 47.68% and 57.40% on the intersection.

Article Details

Section
Articles

References

Afdhal, Chairil. 2014. Definisi Rekayasa Lalu Lintas (online) (cyrilengineering.blogspot.com/2014/07/definisi-rekayasa-lalu-lintas.html) diakses 22 Agustus 2020.

Akmaluddin dan Indrawan, A.H. 2018. Evaluasi Kinerja Ruas Jalan Satu Arah dengan Metode MKJI 1997 dan Sofware VISSIM. Laporan Tugas Akhir. Makassar: Politeknik Negeri Ujung Pandang.

Alamsyah, Alik, Ansyori. 2005. Rekayasa Lalulintas. Universitas Muhammadiyah Malang Press: Malang

Alfidzal, M.R. dan Hasriayu. 2019. Optimalisasi Kinerja Simpang Tak Bersinyal Jl. Batua Raya – Jl. Borong Raya – Jl. Toddopuli Raya Timur Di Kota Makassar. Skripsi. Makassar : Politeknik Negeri Ujung Pandang

Alifian, D.C., Thoha, M.A.I., Sulistio, H. & Wicaksono,A. 2014. Kajian Manajemen Lalu Lintas Jaringan Jalan di Kawasan Terusan Ijen Kota Malang. Jurnal. Malang. Universitas Brawijaya.

JACEE. 2020, Volume X (X): pp-pp 14

Andriansyah. 2015. Manajemen Transportasi dalam Kajian Teori. Jakarta.

Arjuna dan Wulandari, Riska. 2018. Analisis Kemacetan dan Tingkat Pelayanan Ruas Jalan Sultan Alauddin Makassar. Skripsi. Makassar : Politeknik Negeri Ujung Pandang.

Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Selatan, 2019. Provinsi Sulawesi Selatan Dalam Angka 2019, BPS Provinsi Sulawesi Selatan

Cahyanto, R. 2013. Evaluasi Kinerja Jalan dan Mengindentifikasi Penyebab Kemacetan (Studi Kasus : Ruas Jalan Lenteng Agung, Jakarta Selatan) Skripsi. Bandar Lampung : Universitas Lampung.

Direktorat Jendral Bina Marga. 1997. Manual kapasitas jalan indonesia (MKJI). Jakarta: Departemen PU.

Direktorat Jendral Bina Marga. 1997.Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota. Jakarta: Departemen PU.

Fatin, Nur. 2014. Seputar Pengertian Transportasi, (online), (http://seputarpengertian.blogspot.com/2014/03/seputar-pengertian-transportasi.html) diakses 22 Agustus 2020.

Hobbs, F. D. 1995. Perencanaan dan Teknik Lalu Lintas. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Kementerian PU . 2014. Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia. Jakarta

Morlok, E. K. 1991. Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi. Jakarta: Erlangga.

Muhtadi A. 2010. Analisis Kapasitas, Tingkat Pelayanan, Kinerja dan Pengaruh Pembuatan Median Jalan.Jurnal Neutron volume 10, No.1 - Pebruari 2010 Hal 43 – 54.

Mulyadi, Agus. 2012. Analisis Kapasitas Simpang Bersinyal Terhadap Larangan Belok Kiri Langsung (Studi Kasus: Simpang

Jl. Mt. Haryono, Jl. Sao-Sao Dan Jl. Sorumba). Skripsi. Kendari: Universitas Haluoleo.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2011 Tentang Manajemen dan Rekayasa, Analisis Dampak, serta Manajemen Kebutuhan Lalu Lintas. 2011.Jakarta.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 1993 Tentang Prasarana dan Lalu Lintas Jalan. 1993.Jakarta.

Purwanto, Edi. 2013. Karakteristik Arus Lalu Lintas.: Pembagian Kecepatan, (online) (https://www.slideshare.net/bangkitbayu/karakteristik-arus-lalu-lintas) diakses 15 Januari 2020.

Putri, Nurjannah Haryanti. 2015. Mikrosimulasi Mixed Traffic Pada Simpang Bersinyal Dengan Perangkat Lunak Vissim (Studi Kasus: Simpang Tugu, Yogyakarta). Skripsi. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Saputra, Fahmi Pratama. 2016. Analisis dan Optimasi Kinerja Simpang Bersinyal Di Jl. Gunung Bawakaraeng – Jl.Jend.Sudirman Berbasis Micro –Simulasi. Makassar: Universitas Hasanuddin

Ulfah, Marissa. 2017. Mikrosimulasi Lalu Lintas pada Simpang Tiga dengan Software Vissim (Studi Kasus Simpang Jl. A.P. Pettarani – J. Let. Jend. Hertasning dan simpang Jl. A.P. Pettarani – Jl. Rappocini Raya). Skripsi. Makassar: Uniersitas Hasanuddin.

Wesnawa, I.G.A dan Treman, Wayan. 2014. Variasi Kemacetan Lalu Lintas Di Kota Singaraja. Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha. Vol. 2, No.1

Zakaria, Aisyah. 2019. Analisis Kinerja Jalan Akibat Kendaraan Yang Memutar (U-Turn) Di Jalan Perintis Kemerdekaan. Prosiding Seminar Nasional Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat, MMIXIX. 148-153.