Infrared Remote Creator Untuk Aplikasi Smart Room Berbasis Mikrokontroler

Muhammad Nur Adil, Samiri Samiri, Sulwan Dase, Sirmayanti Sirmayanti

Abstract


Remote infrared berfungsi sebagai pengendali jarak dekat beberapa perangkat elektronika seperti lampu, kipas angin, air conditioner, televisi dan alat elektronik lainnya dari jarak jauh. Sistem remote sensor yang menggunakan infrared pada dasarnya digunakan sebagai media komunikasi yang menghubungkan antara dua perangkat. Adapun sumber pemancar Tx pada sistem ini terdiri atas sebuah LED infrared yang telah dilengkapi dengan rangkaian yang mampu membangkitkan data untuk dikirimkan melalui sinar infrared, sedangkan pada bagian penerima Rx biasanya terdapat foto transistor, fotodioda, atau modulasi infrared yang berfungsi untuk menerima sinar infrared yang dikirimkan oleh pemancar. Pengkonfigurasian Arduino dalam pengaplikasian remote infrared sudah tersedia dalam library sehingga  modifikasi dapat dibuat sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Infrared Remote Creator dengan Arduino ini telah dikembangkan dengan beberapa fitur tambahan seperti dapat mengatur timer pada relay dan juga dapat mengaktifkan relay menggunakan beberapa kombinasi tombol pada remote seperti fitur sandi.


Full Text:

PDF

References


Suprianto (2015). Infra Merah: Teori Infra Merah & Prinsip Kerja Infra Merah. Elektronika Digital, http://zonaelektro.net/infra-merah-media-komunikasi-cahaya/ [Akses Online: 13 Juni 2020].

Eduardus Tuluk dkk. 2012. Implementasi Alat Pengusir Hama Burung di Area Persawahan Dengan Menggunakan Gelombang Ultrasonik Berbasis Mikrokontroler Atmega168. Jurnal Teknlogi Informasi Vol . VII Nomor 21. 1907-2430.

Elektronika Dasar, 2013. Infra Red (IR) Detektor (Sensor Infra Merah), http://elektronika-dasar.web.id/infra-red-ir-detektor-sensor-infra-merah/ [Akses Online: 15 Maret 2020].

Royen, Abi. Pengertian, Tujuan Pemakaian dan Jenis Relay. 26 Februari 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Ujung Pandang

Email : sntei@poliupg.ac.id
Kontak : 085399442268 (Dian) / 081340179194 (Yasir)

Statistik Visitor SNTEI