Perancangan Back-End Server Menggunakan Arsitektur Rest dan Platform Node.JS (Studi Kasus: Sistem Pendaftaran Ujian Masuk Politeknik Negeri Ujung Pandang)

Ahsan Mubariz, Dahlia Nur, Eddy Tungadi, Muhammad Nur Yasir Utomo

Abstract


Back-end merupakan program yang berjalan pada sisi server untuk berinteraksi langsung dengan basis data dan melaksanakan proses logic dari suatu sistem web. Salah satu teknologi antarmuka aplikasi atau layanan dari suatu program adalah Application Programming Interface (API). API untuk layanan web yang menggunakan protokol HTTP adalah Representational State Transfer (REST). Penggunaan REST API sebagai back-end layanan web memungkinkan layanan web diakses oleh sistem lain tanpa batasan bahasa, environment, maupun platform dari sisi front-end. Sistem existing Ujian Masuk Politeknik Negeri Ujung Pandang (UMPN) memiliki kendala pada waktu respons saat banyaknya akses secara bersamaan. Untuk itu, pada penelitian ini back-end dari sistem UMPN dibangun ulang menggunakan arsitektur REST dan platform Node.js. Node.js memiliki keunggulan pada teknik non-blocking yang memungkinkan operasi-operasi dijalankan secara paralel, sehingga memungkinkan banyak request dapat diselesaikan secara paralel. Fitur-fitur dari sistem yang dibangun telah diuji dan berjalan dengan kinerja yang baik. Adapun hasil uji kinerja dari sistem yang telah dibangun menunjukkan peningkatan waktu respons pada kondisi pengujian dengan akses dari virtual users yang meningkat dengan rata-rata peningkatan sebesar 52% pada skenario yang diujikan. Adapun sistem yang dibuat memiliki kinerja yang lebih baik dibandingkan sistem existing berdasarkan hasil uji dengan rata-rata selisih waktu respons berdasarkan skenario pengujian sebesar 3222,5 ms.


Full Text:

PDF

References


S. Kosasi, “Perancangan Dan Pemanfaatan E-Commerce Untuk Memperluas Pasar Produk Furniture,” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Komun. 2015 (SENTIKA 2015) Yogyakarta, 28 Maret 2015 ISSN 2089-9815 Peranc., vol. 2015, no. Sentika, pp. 17–24, 2015.

U. Rahardja, Q. Aini, and N. P. L. Santoso, “Pengintegrasian YII Framework Berbasis API pada Sistem Penilaian Absensi,” Sisfotenika, vol. 8, no. 2, p. 140, 2018.

I. A. Faruqi, S. F. S. Gumilang, and M. A. Hasibuan, “Perancangan Back-End Aplikasi Rumantara Dengan Gaya Arsitektur Rest Menggunakan Metode Iterative Incremental,” eProceedings Eng., vol. 5, no. 1, pp. 1411–1417, 2018.

I. B. P. Manuaba and E. Rudiastini, “API REST Web service and backend system of Lecturer’s Assessment Information System on Politeknik Negeri Bali,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 953, no. 1, 2018.

A. C. Rompis and R. F. Aji, “Perbandingan Performa Kinerja Node.js, PHP, dan Python dalam Aplikasi REST,” CogITo Smart J., vol. 4, no. 1, p. 171, 2018.

S. Bangare, S. Gupta, M. Dalal, and A. Inamdar, “Using Node.Js to Build High Speed and Scalable Backend Database Server,” nternational J. Res. Advent Technol. (E-ISSN 2321-9637), vol. 4, no. May, p. 19, 2016.

M. Luqman, “KEAMANAN PERANGKAT LUNAK PADA BAHASA PEMROGRAMAN NODE.JS UNTUK APLIKASI BERBASIS WEB,” 2016. Tidak Dipublikasikan.

S. Syam, “Wawancara Performansi Sistem UMPN PNUP,” Makassar, 2019. Tidak Dipublikasikan.

A. Angreini, I. K. Yusri, E. Tungadi, and M. N. Y. Utomo, “Sistem Pendaftaran Ujian Masuk Politeknik Negeri Ujung Pandang,” 2019. Tidak Dipublikasikan.

M. Y. Utomo, “Pengembangan Aplikasi Web Pendaftaran Online UMPN,” Makassar, 2014. Tidak Dipublikasikan.

Feridi, “Mengenal RESTful Web Services,” Codepolitan.com, 2019. [Online]. Tersedia di: https://www.codepolitan.com/mengenal-restful-web-services. [Diakses: 05-Agustus-2019].

Sinaryuda, “Pengenalan MongoDB,” sinaryuda.web.id, 2010. [Online]. Tersedia di: https://www.sinaryuda.web.id/tutorial/pengenalan-mongodb.html. [Diakses: 01-Agustus-2019].


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Ujung Pandang

Email : sntei@poliupg.ac.id
Kontak : 085399442268 (Dian) / 081340179194 (Yasir)

Statistik Visitor SNTEI