Analisis Aliran Daya Menggunakan Metode Fast Decoupled Pada Sisi Tegangan 6.3 KV PT. Semen Tonasa V

Kristin Melani Pangloli, Sarma - Thaha, H. Ahmad - Gaffar

Abstract


Analisis aliran daya dalam sistem tenaga listrik merupakan analisis yang mengungkapkan kinerja suatu sistem tenaga listrik dan aliran daya (nyata dan reaktif) untuk keadaan tertentu ketika sistem bekerja. Hasil utama dari aliran daya adalah besar dan sudut fasa tegangan pada setiap saluran (bus), daya nyata dan daya reaktif yang ada pada setiap saluran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kondisi aliran daya, menentukan rugi-rugi daya (losses) pada saluran serta menentukan jatuh tegangan pada setiap bus sistem kelistrikan PT. Semen Tonasa V. dalam penelitian ini digunakan software MATLAB R2013a dan ETAP Power Station 16.0.0 dengan metode fastdecoupled untuk mempermudah dalam perhitungan aliran daya. Dari hasil simulasi didapatkan pada swing bus, nilai daya aktif (P) sebesar 45.173MW, daya reaktif (Q) sebesar 13.81 MVAR  dan daya semu (S) sebesar 47,24 MVA. Besar rugi daya (losses) sebesar 1.796 MW atau sebesar 0.45 %  dan 7.566 MVAR atau sebesar 3.87%.  Rata –rata besar jatuh tegangan pada setiap bus sebesar 3 %. dan besar jatuh teganan terbesar yaitu  1.5197 dengan persentase tegangan sebesar 2.1161%, nilai tersebut jauh dibawah persyaratan yang ditetapkan, yaitu drop tegangan maksimum sebesar   5% dari tegangan nominal  (Times New Roman 10, spasi tunggal).


Full Text:

PDF

References


Arifin, Syamsul. 2017. Analisis Aliran Daya Pada Sistem Kelistrikan Sumatera Utara Menggunakan Software Powerword. Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah SumateraUtara.(http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5270, diases pada 2 esember 2019).

Asriyani, Putri Dwi. 2018. Studi Aliran Daya Sistem Kelistrikan PT. Makassar Tene. Tugas Akhir, Politeknik Negeri Ujung Pandang, Jurusan Teknik Elektro. Makassar.

Goeritno, Arief . Zaldi Hardiyanto. 2017. Simulasi Fenomena Aliran Daya Pada Sistem Tenaga Listrik “IEEE 5-Bus” Berbasis Metode Numeris Dan Berbantuan Aplikasi Matlab. Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Ibn Khaldun Bogor.

Handayani, Ika dan A.M.Fadly Fajar. 2012. Analisis Aliran Daya Dan Gangguan Hubungsingkat Sistem Kelistrikan Pabrik Tonasa V Di PT. semen Tonasa Menggunakan ETAP. Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin.

Kadir, Abdul Wahid. 2018. Studi Aliran Daya Pada Kelistrikan SULSELBAR Dengan Masuknya PLTU Mamuju 2x25 MW. PT. Tugas Akhir, Politeknik Negeri Ujung Pandang, Jurusan Teknik Elektro. Makassar.

Marwan. 2018. Komputasi Sistem Tenaga Listrik. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Mustamam. Rudi Salman. Arwadi Sinuraya. 2012. Simulasi Dan Analisis Aliran Daya Pada Sistem Tenaga Listrik Menggunakan Perangkat Lunak Electrical Transient Analyser Program (ETAP) Versi 4.0. Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan.

Nasri, Muh. Wiji Aryanto. 2017. Studi Aliran Daya Pada tragi Panakukang. Tugas Akhir, Politeknik Negeri Ujung Pandang, Jurusan Teknik Elektro. Makassar.

Nigara, Adib Gustian. 2015. Analisis Aliran Daya Sistem Tenaga Listrik Pada Bagian Texturizing Di PT Asia Pasific Fibers Tbk Kendalmenggunakan Software Etap Power Station 4.0. Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri.

Profil PT. Semen Tonasa. (http://www.sementonasa.co.id/profile_brief.php.) Diakses diakses pada 2 desember 2019.

Suprianto. 2018. Analisis tegangan jatuh pada jaringan distribusi 20KV PT.PLN Area Rantau Prapat pada Rayon Aek Kota Batu. Program studi teknik listrik,Teknik Elektro Politeknik Negeri Medan.

TIM PENYUSUN. 2016. Pedoman Penulisan proposal dan skripsi program diploma empat (D-4) Bidang Rekayasa dan tata Niaga. Politeknik Negeri Ujung Pandang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Ujung Pandang

Email : sntei@poliupg.ac.id
Kontak : 085399442268 (Dian) / 081340179194 (Yasir)

Statistik Visitor SNTEI