Rancang Bangun Alat Penjejak Sinar Matahari dan Monitoring Delphi Berbasis Mikrokontroler pada Panel Surya

Muh Ashrul Alfiqram, Ahmad Rosyid Idris, Sarma Thaha

Abstract


Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) merupakan salah satu inovasi penerapan teknologi energi baru terbarukan yang ramah lingkungan dan memiliki potensi ketersediaan energi yang tidak terbatas. Pemasangan panel surya yang saat ini kebanyakan dalam keadaan statis atau diam sehingga kurang optimal dalam proses penyerapan sinar matahari. Untuk penyerapan sinar matahari yang optimal diperlukan adanya sistem yang dapat menggerakkan panel surya selalu tegak lurus dengan arah pantulan sinar matahari. Alat ini bergerak secara vertikal dan horizontal dengan dua buah motor DC dan sensor Light Dependent Resistor (LDR) berbasis mikrokontroler. Alat ini juga dapat dikontrol dan dimonitor pada aplikasi visual Dephi 7. Untuk pengujian alat, dilakukan pengujian panel surya 50Wp pada keadaan tanpa beban dan berbeban dengan dua kondisi yaitu outdoor dan indoor. Pengujian outdoor tanpa penggerak diperoleh total energi sebesar 85.76 Wh sedangkan bergerak sebesar 125.99 Wh selama 6 jam mulai pukul 9:00 s/d 15:00 dengan 19 kali data pengujian setiap 20 menit. Pengujian indoor menggunakan lampu dilengkapi dengan stand sudut. Hasil pengujian pada keadaan alat diam diperoleh Tegangan Hubung Buka (Voc) sebesar 4.02 V dan Arus Hubung Singkat (Isc) sebesar 6.88 mA sedangkan pada keadaan alat bergerak Tegangan Voc sebesar 4.28 V dan Arus Isc sebesar 7.96 mA.


Full Text:

PDF

References


Putra, P., Joewono, A., Sitepu, R., Agustine, L., & Andyardja, W. (2018). Alat Pemantau dan Pengendali Sistem Penyimpanan Energi pada Solar Panel. ISSN 1412-7350, 27-29.

Ardina, G. B. (2019). Rancang Bangun Dual Axis Solar Tracker Pembangkit Listrik Tenaga Surya Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno.

Fitriandi, A., Komalasari, E., & Gusmedi, H. (2016). Rancang Bangun Alat Monitoring Arus dan Tegangan Berbasis Mikrokontroler dengan SMS Gateway. ELECTRICIAN.

Hardianto, H. E., & Rinaldi, R. S. (2012). Perancangan Prototype Penjejak Cahaya Matahari Pada Aplikasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya. Foristek.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Ujung Pandang

Email : sntei@poliupg.ac.id
Kontak : 085399442268 (Dian) / 081340179194 (Yasir)

Statistik Visitor SNTEI