Rancang Bangun Monitoring Data Pyranometer Berbasis Website

Umar Muhammad, Sulistianingsih Nur Fitri, Abdul Azis Rahmansyah

Abstract


Pengukuran radiasi matahari banyak dilakukan untuk pemanfaatannya menjadi energi listrik. Namun alat ukur radiasi matahari atau pyranometer hanya sebatas mengukur saja, proses pencatatan hasil pengukuran dilakukan secara manual. Pada penelitian sebelumnya telah dibuat solar meter dengan sensor berupa sel surya dan sensor suhu kemudian menghitung energi radiasi matahari dengan algoritma fix point radiation. Sistem perekaman data menggunakan java programming dan sistem database. Aplikasi ini masih bersifat Aplikasi desktop yang hanya dapat di akses pada komputer tersebut. Pada penelitian ini dikembangan sistem monitoring data yang tercatat dalam database menggunakan website. Sehingga data hasil pengukuran dapat dikases dari komputer lain dan dikonversi menjadi file excel agar pengolahan data lebih cepat dan mudah. Dari hasil pengujian menunjukkan bahwa data dalam database dapat diakses oleh website dengan waktu rata-rata 0,02 detik. Kemampuan konversi data ke excel membutuhkan waktu kurang dari 0,01 detik. Waktu ini sangat menghemat proses pengolahan data dibanding penelitian sebelumnya. Namun masih terdapat kekurangan pada website yang hanya menampilkan data baru seteleh di refresh.


Full Text:

PDF

References


A. Ullah and E. Syahputra, “Pengembangan Sistem Akuisisi Data Radiasi Matahari Menggunakan Phyranometer Memanfaatkan Sensor Photovoltaic,” in Seminar Nasional Teknologi Informasi Komunikasi dan Industri, 2017, pp. 453–461.

U. Usman, U. Muhammad, and N. R. Wibowo, “RANCANG BANGUN PYRANOMETER BERBASIS MIKROKONTROLER,” Patria Artha Technol. J., vol. 2, no. 2, pp. 139–144, Mar. 2019.

U. Muhammad and U. Usman , “Rancang Bangun Sistem Akuisisi Data Solar Meter Berbasis Java Programming ,” in Seminar Nasional Teknik Elektro dan Informatika (SNTEI) 2019, 2019, pp. 349–353.

R. Fikri, I. F. Adam, and I. Prakoso, “Pemrograman Java,” Andi, Yogyakarta, 2005.

I. K. Bachtiar, “Perangkat Portabel Pengukuran Radiasi Matahari dan Kecepatan Angin untuk Daerah Kepulauan,” in Seminar Nasional Inovasi dan Aplikasi Teknologi Di Industri (SENIATI) 2016, 2016, pp. B204–B207.

S. E. Eddy Priyadi, “Pemrograman Berorientasi Objek Menggunakan JAVA,” Maj. Ilm. IC Tech, vol. 29, 2010.

R. Septa, A. Hamzah, and D. Andayati, “26 Sistem Informasi Pengolahan Data Ikpm (Ikatan Keluarga Pelajar Mahasiswa) Muara Enim Berbasis Web Menggunakan PHP DAN MY SQL,” J. Scr., vol. 2, no. 1, 2014.

H. Yuliansyah, “Perancangan replikasi basis data mysql dengan mekanisme pengamanan menggunakan ssl encryption,” J. Tek. Inform., 2014.

R. Septa, A. Hamzah, D. Andayati, “Sistem Informasi Pengolahan data IKPM (Ikatan Keluarga Pelajar Mahasiswa) Muara Enim Berbasis Web Menggunakan PHP dan MySQL,” dalam Jurnal SCRIPT, vol 2, No 1, Desember 2014

A. Firman, H.F. Wowor, X. Nojan, “Sistem Informasi Perpustakaan online Berbasis Web,” dalam E-Journal Teknik Elektro dan Komputer, Vol 5, No 2, Januari-Maret 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Ujung Pandang

Email : sntei@poliupg.ac.id
Kontak : 085399442268 (Dian) / 081340179194 (Yasir)

Statistik Visitor SNTEI