Rancang Bagun Aplikasi Pembelajaran Aksara Lontara Bugis Makassar Berbasis Mobile

Muhammad Sabri, Nurhayati Nurhayati, Syahrir Syahrir

Abstract


Indonesia adalah negara yang sangat kaya akan budaya. Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki budayanya masing – masing terutama dalam hal bahasa daerah. Barbara F.Grimes mencatat sebanyak 706 bahasa bahasa daerah yang tersebar dari Sabang sampai Marauke. Lontara bugis merupakan sebuah huruf sakral bagi masyarakat bugis klasik, Lontara mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat orang bugis karena lontara mengandung nilai - nilai budaya yang tinggi yang menjadi pedoman hidup dan kehidupan masyarakan orang bugis, itu karena epos La galigo ditulis menggunakan huruf lontara. Aksara Lontara terdiri dari 23 huruf untuk Lontara Bugis dan 19 huruf untuk Lontara Makassar. Selain itu, perbedaan Lontara Bugis dengan Lontara Makassar yaitu pada Lontara Bugis dikenal huruf ngka’, mpa’  , nca’, dan nra’ sedangkan pada Lontara Makassar huruf tersebut tidak ada.Pada penelitian ini aplikasi yang dibuat merupakan aplikasi pembelajaran aksara lontara bugis. Pada aplikasi memiliki fitur untuk dapat scan katalog, kuis/game, mendengar pelafalan/penyebutan huruf atau kalimat serta kata bijak. Pengujian aplikasi dilakukan dengan kuisioner untuk mengetahui kesesuaian aplikasi dengan kebutuhan pengguna. Hasil yang didapatkan yaitu berupa aplikasi mobile yang berbasis android. Berdasarkan hasil pengujian terhadap 23 pengguna, diperoleh nilai 85,4% yang sudah termasuk dalam kategori sangat baik.


Full Text:

PDF

References


Ahmad, Abd.Aziz, 2014. Melestarikan Budaya Tulis Nusantara : Kajian Tentang Aksara Lontara. Jurnal Budaya Nusantara, Vol.1, No.2.

Mustaqim, Ilmawan. 2016. Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Vol. 13, No.2.

Nurilmiyanti dan Nurfaedaah. 2018. Pemanfaatan Mobile Application untuk Melestarikan Huruf Lontara. Makassar: Teknik Informatika STMIK Handayani.

Rahmadani, Isa. 2017. Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Bahasa Bugis dan Bahasa Makassar Berbasis Android. Skripsi. Makassar ; Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar.

Shabana, Anton, dkk. 2016. Aplikasi Pembelajaran Aksara Sunda. Jurnal Technology Acceptance Model, Vol. 7, No.1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Ujung Pandang

Email : sntei@poliupg.ac.id
Kontak : 085399442268 (Dian) / 081340179194 (Yasir)

Statistik Visitor SNTEI