Analisis Resistansi Pentanahan Pada Menara Transmisi 150 kV Jalur Maros – Sungguminasa

Ashar AR, Sofyan Sofyan, M. Ulil Abshar

Abstract


Sistem pentanahan merupakan salah satu faktor penting dalam usaha pengamanan dan perlindungan sistem tenaga listrik. Pada saat terjadi gangguan disistem tenaga listrik, sistem pentanahan dapat menyalurkan arus gangguan dengan cepat ke dalam tanah dan disebarkan ke segala arah. Saluran Udara Tagangan Tinggi (SUTT) pada jalur Maros - Sungguminasa merupakan jalur yang letak towernya berada pada jenis tanah yang berbeda – beda, sehingga membuat penulis mengambil jalur Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) Maros - Sungguminasa untuk menjadi tempat penelitian. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi literatur, observasi, wawancara, dan analisis data. Setelah memperoleh data hasil pengukuran nilai resistansi pentanahan tower transmisi 150 kV Maros - Sungguminasa, didapatkan nilai tahanan pentanahan pada tanah rawa sebesar 1, 33 Ω, dan pada tanah liat sebesar 1, 35 Ω. Selanjutnya menghitung persentase perbandingan antara data hasil pengukuran dengan standar yang telah ditentukan, didapatkan presentase perbandingan nilai rata - rata tahanan pentanahan di tanah liat dengan standar adalah 13,5% dan persentase perbandingan nilai rata - rata tahanan pentanahan di tanah rawa dengan standar adalah 13,3%. Maka dari kedua hasil tersebut, dapat diketahui bahwa nilai tahanan pentanahan di tanah rawa lebih baik dibandingkan nilai tahanan pentanahan di tanah liat dengan persentase perbandingan sebesar 13, 3% untuk tanah rawa.


Full Text:

PDF

References


Rianto, Agus. 2019. ANALISIS SISTEM PENTANAHAN JARINGAN GARDU INDUK 150 KV PT BEKASI POWER CIKARANG. Jakarta: Ejournal Kajian Teknik Elektro.

Kurniawan, Hari. 2018. STUDI PENTANAHAN KAKI MENARA TRANSMISI 500KV SUMATERA TURUN PERANAP NEW AURDURI. Journal of Electrical Power Control and Automation.

Angga, Fitra. 2019. STUDI SISTEM PENTANAHAN SALURAN UDARA TEGANGAN TINGGI(SUTT) PENGHANTAR 150 KV LUBUK LINGGAU – PEKALONGAN. Bengkulu : Jurnal Surya Energy.

Ilham, A.M. 2016. MITIGASI GANGGUAN TRANSMISI AKIBAT SAMBARAN PETIR LINE SUNGGUMINASA – MAROS. Makassar : Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Ujung Pandang.

Triongko, Priyono. 2019. ANALISA RESISTANSI ELEKTRODA PENTANAHAN PADA MENARA TRANSMISI 150 KV PLTGU CILEGON – CILEGON BARU. Cilegon: Jurnal Ilmiah Elektrokrisna.

PT. PLN (Persero) No.0520-1.K/DIR/2014. 2014. BUKU PEDOMAN PEMELIHARAAN SALURAN UDARA TEGANGAN TINGGI DAN EKSTRA TINGGI (SUTT/SUTET). Jakarta.

Persyaratan Umum Instalasi Listrik 2000 (PUIL 2000).

Simangunsong, Manogu. 2014. EVALUASI SISTEM PENTANAHAN TRANSFORMATOR DAYA 60 MVA PLTGU INDRALAYA. Indralaya: Jurnal Desiminasi Teknologi.

Widiantoro, Anang. ANALISIS KONTINGENSI SALURAN TRANSMISI PADA JARINGAN 150 kV SURABAYA SELATAN.

Siregar, Leonardus. ANALISA PENGUKURAN TAHANAN PEMBUMIAN MENARA TRANSMISI TITI KUNING – LUBUK PAKAM. Medan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Ujung Pandang

Email : sntei@poliupg.ac.id
Kontak : 085399442268 (Dian) / 081340179194 (Yasir)

Statistik Visitor SNTEI