Pemodelan dan Pengendalian Motor Listrik

Ruslan L

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengatur kecepatan motor dc shunt dengan menggunakan pengaturan tegangan pada terminal jangkar kumparan motor dc melalui pengaturan sudut penyalaan (alpha) penyearah terkendali. Pengaturan sudut penyalaan diperoleh dari umpan balik kecepatan motor dan arus jangkar motor dc. Pemodelan dan Pengaturan disimulasikan dalam Simulink Matlab. Analisis yang dilakukan terdiri atas pemodelan simulasi pengasutan motor tanpa pengendali dan dengan pengendali tegangan jangkar pada terminal jangkar motor melalui pengaturan sudut penyalaan alpha penyearah terkendali dengan berbagai perubahan beban atau adanya gangguan beban sesaat, sehingga kecepatan motor terganggu dan dapat distabilkan pada kecepatan nominal. Hasil yang diperoleh adalah arus start dengan pengaturan tegangan terminal jangkar akan lebih baik dari pada pengasutan tanpa pengendali dan kecepatan motor dapat distabilkan pada kecepatan nominal meskipun mengalami perubahan beban atau adanya gangguan beban sesaat.

 

Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31963/sinergi.v12i1.1116

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Publisher by:

Jurusan Teknik Mesin
Politeknik Negeri Ujung Pandang
Jalan Perintis Kemerdekaan KM.10 Tamalanrea
Makassar 90245
E-mail: sinergi@poliupg.ac.id

SINERGI Indexed by :

g61g61g61g61g61g61g61g61

Member of :

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.