Rancang Bangun Sistem Pengereman Dinamis Motor Induksi Tiga Fasa

Remigius Tandioga

Sari


Penelitian ini bertujuan menghasilkan rangkaian kontrol sistem pengereman dinamis pada motor induksi tiga-fasa. Selain itu ditentukan pula karakteristik pengereman yang akan mengambil waktu sebagai fungsi dari arus dc dan daya input motor, disamping akan dilihat pula hubungan belitan stator yang memberikan sistem pengereman yang paling efisien. Metode yang digunakan adalah calculation and choice based design. Mula-mula ditentukan input perancangan yaitu name plate data dan measurement based data, sebelum dilakukan perancangan dan pemilihan komponen catu daya dc. Selanjutnya dirancang sistem rangkaian kontrol berupa wired logic system (konvensional) dan ladder diagram system (PLC) Ditetapkan terlebih dahulu sistem hubungan belitan stator motor yang akan diadopsi ketika pengereman berlangsung. Pengujian yang dilakukan mencakup pengujian rangkaian kontrol dan pengujian waktu pengereman maupun tanpa pengereman. Hasil pengujian menunjukkan bahwa rangkaian kontrol berbasis PLC yang diperoleh sangat fleksibel untuk diatur dan dimodifikasi atau dikembangkan. Waktu pengereman ternyata berbanding terbalik dengan besar arus dc dan daya yang diinjeksikan ke motor. Terlihat pula bahwa hubungan belitan stator secara kombinasi dua paralel–satu seri merupakan konfigurasi yang paling efisien.

Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31963/sinergi.v8i1.1053

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Publisher by:

Jurusan Teknik Mesin
Politeknik Negeri Ujung Pandang
Jalan Perintis Kemerdekaan KM.10 Tamalanrea
Makassar 90245
E-mail: sinergi@poliupg.ac.id

SINERGI Indexed by :

g61g61g61g61g61g61g61g61

Member of :

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.