RANCANG BANGUN ALAT PENGONTROL KEBOCORAN GAS LPG MENGGUNAKAN TELEPON SELULER

Yappa Baru, Sulwan Dase

Abstract


Penelitian ini bertujuan merancang bangun sebuah alat pengontrol kebocoran gas dari jarak jauh menggunakan telepon selular. Penggunaan LPG sebagai bahan bakar  selain menguntungkan, juga memiliki kelemahan terutama jika tabung tempat menyimpan gas bocor, karena gas mudah terbakar jika terpicu oleh api disekitarnya. Alat pengontrolan kebocoran gas yang kami  buat dilengkapi dengan telepon seluler dan mikrokontroler, sehingga dapat memberikan informasi kepada penggunan jika terjadi kebocoran gas di rumahnya walaupun yang bersangkutan berada jauh dari rumah. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Teknik Telekomunikasi Politeknik Negeri Ujung Pandang. Hasil pengukuran  pada keluaran sensor sebelum terjadi kebocoran yaitu tegangan 0,11 V dan konsentrasi gas 11 ppm. Dan hasil pengukuran keluaran sensor setelah terjadi kebocoran gas yaitu tegangan 1,15 V dan konsentrasi gas 35 ppm. Dari hasil pengukuran  pada keluaran sensor sebelum terjadi kebocoran dan setelah terjadi kebocoran memperlihatkan tegangan dan konsentrasi gas mengalami peningkatan.Peningkatan tegangan diterjemahkan oleh mikrokontroler untuk mengaktifkan pemancar telepon seluler untuk mengirim informasi ke pengguna.


Keywords


Gas LPG; mikrokontroler; telepon seluler

Full Text:

PDF

References


Harfiansyah 2010. Pendeteksi Kebocoran Gas Elpiji Menggunakan TGS 2610, (online), (http;//id.wikipedia.org/wiki, diakses 15 desember 2014).

Malvino, Prinsip – Prinsip Elektronika, Jakarta, Erlangga, 1996.

Prasetyo dkk. 2009. Mikrokontroler AT89S51TM senagai pengendali pengiriman informasi kebakaran melalui telepon seluler, (online), (http;//pusatstudi.gunadarma.ac.id/…/pub- (jurnaleri_elektro_doc)- e3ebc.doc, diakses 20 desember 2014).

Putra, A, E, Belajar Mikrokontroler AT89C51/52/55 Teori dan Aplikasi, Yogyakarta, Gava Media, 2002.

Yulita Pasambo dkk. 2011. Implementasi telepon seluler pada pendeteksi kebocoran gas. Makassar, Laporan proyek akhir Mahasiswa PNUP.




DOI: http://dx.doi.org/10.31963/elekterika.v13i1.992

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Yappa Baru, Sulwan Dase



Publisher by:

Politeknik Negeri Ujung Pandang
Jurusan Teknik Elektro
Kampus 2 Moncongloe
Jalan Tamalanrea Raya (BTP)
Makassar 90245
E-mail: jurnal-elektrika@poliupg.ac.id

Member of :

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN 1412-8764

e-ISSN 2656-0143


free web stats Statistik Website