PERFORMA MOTOR RELUKTANSI SINKRON 3 FASA DENGAN SUPLAI 1 FASA MENGGUNAKAN RANGKAIAN STEINMETZ

Ashar AR, A Nirwan Noor

Abstract


Dunia sedang dalam krisis energi untuk memenuhi kebutuhan listrik yang kian meningkat. Sebagian besar komsumsi energi listrik digunakan untuk menghidupkan motor-motor listrik. Oleh karena itu, kebutuhan akan motor-motor listrik yang memiliki performa yang baik dan hemat energi sangat dibutuhkan. Motor reluktansi sinkron merupakan jenis pengembangan motor yang sangat menjanjikan untuk penghematan energi karena tidak terdapat rugi-rugi rotor sehingga lebih efisiensi lebih baik meskipun memiliki faktor daya yang rendah. Umumnya, motor reluktansi sinkron 3 fasa menggunakan sumber tegangan 3 fasa untuk pengasutannya. Namun dalam penelitian yang dilakukan dengan eksperimen di laboratorium mesin-mesin listrik PNUP ini, pengasutan motor reluktansi sinkron 3 fasa akan disuplai sumber tegangan 1 fasa dengan menggunakan Rangkaian Steinmetz. Motor reluktansi akan dibebani dengan motor uji servo (servo machine test stand) yang didalamnya terdapat unit kontrol digital, penggerak/pengereman servo dan software AktiveServo. Hasil akhir dari penelitian ini adalah menganalisis karakteristik motor berdasarkan eksperimen untuk melihat efisiensi, torsi, perbaikan power faktor dan kecepatan motor. Sebagai pembanding, maka dilakukan pula eksperimen motor reluktansi sinkron 3 fasa dengan menggunakan pengasutan langsung (DOL) dengan sumber 3 fasa.

Keywords


Motor reluktansi sinkron, Rangkaian Steinmetz, Servo machine test stand

Full Text:

PDF

References


Barta J., Ondrusek C. Rotor Design and Optimization of Synchronous Reluctance Machine. Science Journal, march 2015, pp 555 – 559

Binder A. 2013. Motor Development for Electrical Drive Sistem. Darmstadt: Technische Universität Darmstadt

Binder A., Funieru B. 2013. Design of Machines and Actuators with Numerical Field Calculations.Darmstadt: Technische Universität Darmstadt

Hofmann H. F., Sanders S. R., Antably A. E. Stator- Flux- Oriented Vector Control of Synchronous Reluctance Machines with Maximized Efficiency. IEEE Transactions on Industrial Electronics, Vol. 51, No. 5, October 2004

Lipo T.A. Synchronous Reluctance Machines- a Viable Alternative for AC Drives?. Electric Machines and Power Sistem, 19: 659 – 671, 1991

Lucas Nülle. 2013. Training Sistems for Drive Technology, Power Electronics and Electrical Machines, 2nd Edition. Germany

Obe E.S., Ojo O. Line-start Performance of Single-Phase Synchronous Reluctance Motor with Controlled Capacitor. IEE Proc.-Electr. Power Appl., Vol. 152, No. 4, July 2005

Ogunjuyigbe A.S.O., Jimoh A.A., Nicolae D.V., Obe E.S. Analysis of Synchronous Reluctance Machine with

Magnetically Coupled Three Phase Windings and Reactive Power Compensation. IET Electr. Power Appl., 2010, Vol. 4, Iss. 4, pp. 291 – 303

Wang G, Pei X, Zhou M. Capacity of Steinmetz Compensation Circuit for Electricifacation Railway Unbalance Control. Applied Mechanics and Materials Vol. 541 – 542 (2014) pp 440 – 444

Scaba C. Motor Revolution: Synchronous Reluctance Machine Technology. 2014. ABB Australia




DOI: http://dx.doi.org/10.31963/elekterika.v13i2.980

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Ashar AR



Publisher by:

Politeknik Negeri Ujung Pandang
Jurusan Teknik Elektro
Kampus 2 Moncongloe
Jalan Tamalanrea Raya (BTP)
Makassar 90245
E-mail: jurnal-elektrika@poliupg.ac.id

Member of :

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN 1412-8764

e-ISSN 2656-0143


free web stats Statistik Website