Evaluasi Implementasi Virtual Programming Lab Pada E-Learning

Meylanie Olivya, Zawiyah Saharuna, Iin Karmila Yusri

Abstract


Penyebaran penyakit yang disebabkan oleh Virus Corona (COVID-19), menyebabkan perubahan terhadap pelaksanaan kegiatan belajar mengajar yang secara menyeluruh dituntut untuk dilaksanakan secara on-line (daring). Namun, pelaksanaan perkuliahan di perguruan tinggi vokasi cukup berbeda termasuk pada Politeknik Negeri Ujung Pandang, karena perkuliahan lebih banyak dilaksanakan secara praktek. Oleh karena itu, cukup sulit melaksanakan seluruh kegiatan perkuliahan secara daring. Meskipun demikian, hal ini dapat diatasi dengan menggunakan virtual reality, simulator, dan lain sebagainya. Salah satu simulator pemrograman yang dapat diimplementasikan pada e-Learning adalah Virtual Programming Lab (VPL). Simulator ini menyediakan suatu lingkungan pemrograman yang terdiri atas editor, compiler, asesmen, dan pengecek plagiat. Asesmen otomatis pada VPL membutuhkan test cases yang perlu dibuat sesuai dengan soal tugas pemrograman yang diberikan. Test cases ini akan menguji kebenaran program yang dibuat, sekaligus menilai program tersebut berdasarkan test cases yang berhasil dipenuhi. Mahasiswa dapat mengetahui nilainya berdasarkan hasil dari test cases, sehingga mereka dapat melakukan improvisasi terhadap program sehingga program dapat berhasil dijalankan dan memenuhi semua test cases-nya. Hasil evaluasi terhadap implementasi VPL pada e-learning menunjukkan bahwa fitur-fitur VPL dapat berfungsi dengan baik dalam mengevaluasi tugas-tugas mahasiswa. Kemudian, pada hasil evaluasi berdasarkan user acceptance, menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa dapat menerima penggunaan VPL pada e-learning

Full Text:

PDF

References


D. Thiebaut, Automatic Evaluation of Computer Programs Using Moodle’s Virtual Programming Lab (VPL) Plug-In, Journal of Computing Sciences in Colleges, 2015

I.M. Wirawan, H. W. Herwanto, dan I. D. Wahyono, Virtual Programming Laboratory UM (VPLUM) For Programming Competition, 5th International Conference On Electrical, Electronics and Information Engineering (ICEEIE), 2017.

J. C. Rodriguez-del-Pino, E. Rubio-Royo, dan Z. J. Hernandez-Figueroa, A Virtual Programming Lab for Moodle with Automatic Assessment and Anti-Plagiarism Features, Proceedings of The 2012 Internacional Conference on e-Learning, e-Business, Entreprise Information Systems, & e-Government, 2012.

M. Cardoso, A.V. de Castro dan A. Rocha, Integration of virtual programming lab in a process of teaching programming EduScrum based, 13th Iberian Conference on Information Systems and Technologies (CISTI), 2018.

M. Cardoso, R. Marques, A.V. de Castro dan A. Rocha, Using Virtual Programming Lab to improve learning programming: The case of Algorithms and Programming. Expert Systems, 2020 - Wiley Online Library, 2020.

N. Culligan dan K. Casey, Building an Authentic Novice Programming Lab Environment, International Conference on Engaging Pedagogy (ICEP), 2018.

P. H. Pisani dan A. C. P. L. F. de Carvalho, Applying the Virtual Programming Lab with Python, ICMC Technical Report, 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.31963/elekterika.v18i2.3022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Meylanie Olivya, Zawiyah Saharuna, Iin Karmila Yusri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher by:

Politeknik Negeri Ujung Pandang
Jurusan Teknik Elektro
Kampus 2 Moncongloe
Jalan Tamalanrea Raya (BTP)
Makassar 90245
E-mail: jurnal-elektrika@poliupg.ac.id

Member of :

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN 1412-8764

e-ISSN 2656-0143


free web stats Statistik Website