RANCANG BANGUN STERILISATOR BAKTERI PADA UDARA BERBASIS MIKROKONTROLLER ARDUINO UNO

sitti fatimang

Abstract


Penelitianinisebagaipengembanganteknologitepat gunadengan menggunakan sistem automatisasi dan pengembanganteknologi kesehatan khususnyadibidang sterilisasi  kesehatandenganmembuatsebuahalatsterilisatorbakteridengan menggunakansistempengisapandanpembuanganblower danmelakukanevaluasidampak penggunaansterilisatorbakteriyang terkandungdalamudara  padaruanganpensterilan.

Uji coba alat Sterilisator Bakteri Udara ini dilakuakan di RSIA St. Khadijah III,  Dan penempatkan alat tersebut di Ruang Perawatan dan Ruang Bedah. Selama proses pensterilan berjalan juga dilakukan pengukuran Tegangan Keluaran pada lampu Ultra Violet yang digunakan dan berdasarkan   analisa sttistik  rata-rata waktu yang dihasilkan dari penyettingan waktu 30 menit adalah 29,26 menit ,ini menunjukkan penurunan dari waktu yang ditentukan yaitu koreksi sebesar  0,74 menit. Dengan kesalahan (error) sebesar 0,74% .  Dan penyettingan waktu 60 menit adalah 59,42 menit ,ini menunjukkan penurunan dari waktu yang ditentukan yaitu koreksi sebesar  0,57 menit. Dengan kesalahan (error) sebesar 0,96%.

Hasil dari penelitian inidiharapkan dapatmenjadialatyang bermanfaatuntukruang operasisehingga udara diruangantersebutsterildaribakteridankumandanmenjadipembandinguntuk pengembanganalatsterlisatorselanjutnya.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31963/elekterika.v16i2.2002

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 sitti fatimang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher by:

Politeknik Negeri Ujung Pandang
Jurusan Teknik Elektro
Kampus 2 Moncongloe
Jalan Tamalanrea Raya (BTP)
Makassar 90245
E-mail: jurnal-elektrika@poliupg.ac.id

Member of :

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN 1412-8764

e-ISSN 2656-0143


free web stats Statistik Website