Perancangan Sistem Monitoring dan Evaluasi Absensi Pegawai Politeknik Negeri Ujung Pandang

kasim kasim

Abstract


Sistem absensi berguna memantau kondisi kehadiran setiap orang yang berada pada lingkungan pekerjaan baik institusi maupun perusahaan. Absensi pada suatu institusi meliputi adanya nama pegawai, departemen, jabatan, tanggal/hari, dan jam kerja. Hal ini diperlukan  untuk mengetahui alokasi waktu jam kerja dari setiap karyawan yaitu mulai dari jam masuk, jam keluar, waktu keterlambatan, dan waktu cepat pulang. Pada Politeknik Negeri Ujung Pandang dibutuhkan laporan tentang kehadiran pegawai yang sesuai dengan format yang berlaku dan berisi perhitungan persen pengurangan tunjangan kinerja pegawai dan sanksi pegawai. Untuk memonitoring absensi pegawai, kepala departemen adalah salah satu aktor yang paling andil. Pada penelitian ini, data yang digunakan adalah data log absensi yang dilakukan oleh  pegawai setiap harinya pada bulan Juli 2017. Sistem yang dibangun secara otomatis dapat menampilkan waktu keterlambatan, waktu cepat pulang, persen pemotongan tunjangan kinerja, dan sanksi pegawai. Dalam sistem ini tersedia fitur untuk menampilkan persen pengurangan tunjangan dan sanksi yang telah dicantumkan pada Pasal 6 Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 2016 dan Pasal 7 Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2010..

Keywords


absensi, tunjangan kinerja, monitoring

Full Text:

PDF

References


Andika, Radenal.2011.Penerapan CI (Codeigniter) dalam Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Surart dan Pengarsipan.Jakarta.

Basuki, Awan P. 2010. Membanguan Web Berbasis PHP dengan Framework CodeIgniter. Dalam Skripsi Penerapan CI (Codeigniter) dalam Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Surart dan Pengarsipan. (Andika, Radenal). 2011. Jakarta.

Bellina, Mira. 2009. Sistem Informasi Absensi Pegawai Pada CV.FLASHINDOMEDIA Medan Berbasis Web. Universitas Sumatera Utara.

Blanco, Jose A. and Upton, David. 2009. CodeIgniter 1.7 dalam Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Surart dan Pengarsipan. (Andika, Radenal). 2011. Jakarta.

Dahria, Muhammad. 2011. Metode Akses Data ODBC dan OLE DB. STMIK Triguna Dharma.

Griffiths, Adam. 2010. CodeIgniter 1.7 Professional Development dalam Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Surart dan Pengarsipan. (Andika, Radenal). 2011. Jakarta.

Hewitt, Eleanor & Michael Bamberger. 1986. Monitoring and Evaluating Urban Development Programs. Dalam Jurnal Penyusunan Instrumen Monitoring dan Evaluasi Manfaat Program Pembangunan Di Kota Semarang. (Mohammad Muktiali).2009. Semarang.

Menteri RI. 2016. Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Reublik Indonesia Nomor 31 Tahun 2016 Tentang Pemberian Tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungan Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Muktiali, Mohammad. 2009. Penyusunan Instrumen Monitoring dan Evaluasi Manfaat Program Pembangunan Di Kota Semarang. Semarang.

Ojha, Durga. 1998. Impact Monitoring Approaches and Indicators.Dalam Jurnal Penyusunan Instrumen Monitoring dan Evaluasi Manfaat Program Pembangunan Di Kota Semarang. (Mohammad Muktiali).2009. Semarang.

Prasetyo, Budi dkk. 2015. Perancangan dan Pembuatan Sistem Informasi Gudang (Studi Kasus : PT. PLN (Persero) Area Surabaya Barat. Surabaya.

Presiden RI. 2010. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2010 Tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil.

Ratna, Adis Lena Kusuma. 2014. Pengertian PHP dan MySQL. Tanggerang.

Setiawan, Eko Budi.2015.Perancangan Sistem Absensi Kehadiran Perkuliahan dengan Menggunakan Radio Frequency Identification (RFId).Bandung

Utomo, Sigit Prasetyo Karisma.2014.Pembuatan Sistem Informasi Berbasis Website pada SD Masjid Syuhada Yogyakarta Menggunakan Framework Codeigniter dan Bootstrap.Yogyakarta

Widhyarini.2010.Analisis dan Perancangan Sistem Presensi Karawan Menggunakan Sidik Jari di Aba Yipk Yogyakarta.Yogyakarta

Winarti, Dwi. Tanpa Tahun.Pengembangan Aplikasi Absensi Pegawai Berbasis Web dan Absensi Siswa Berbasis Sms Sma Negeri 1 Imogiri.Yogyakarta

Yogiyanto, H. M. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis. Dalam Artikel Pengembangan Aplikasi Absensi Pegawai Berbasis Web dan Absensi Siswa Berbasis Sms Sma Negeri 1 Imogiri. (Dwi Winarti). Tanpa Tahun. Yogyakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.31963/elekterika.v15i2.1495

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Kasim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher by:

Politeknik Negeri Ujung Pandang
Jurusan Teknik Elektro
Kampus 2 Moncongloe
Jalan Tamalanrea Raya (BTP)
Makassar 90245
E-mail: jurnal-elektrika@poliupg.ac.id

Member of :

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN 1412-8764

e-ISSN 2656-0143


free web stats Statistik Website