Perkuatan Tanah Lempung Dengan Kolom Pasir Terhadap Penurunan Pada Uji Laboratorium Dengan Menggunakan Program Plaxis

Fuad Harwadi, Hasrullah ., Pebriansyah ., Dadung Novianto

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui sifat fisis dan mekanis tanah lempung pada lokasi penelitian, mengetahui besarnya kapasitas kolom pasir yang terjadi pada tanah lempung, serta untuk mengetahui perbandingan penurunan tanah lempung yang terjadi apabila diberikan perkuatan dengan kolom pasir dan yang tidak diberikan perkuatan, dengan melakukan beberapa pengujian yaitu membandingkan hasil analisis laboratorium dengan hasil analisis program plaxis 2D. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ASTM (American Society for Testing and Materials). Metode eksperimental pengembangan pengujian dilakukan dalam menguji rancangan model perkuatan dalam bak silinder (drum besi) uji dengan ukuran diameter 60 cm dan tinggi 50 cm. Berdasarkan dari hasil penelitian yang dilakukan, pola penurunan tanah yang terjadi dengan menggunakan perkuatan kolom pasir sangat berpengaruh dalam mereduksi penurunan tanah. Dari hasil analisis laboratorium dan analisis program plaxis 2D, perkuatan kolom pasir sebagai perkuatan pada tanah dasar dengan penggunaan variasi ukuran plat bearing hasilnya tidak jauh berbeda pada akhir pembebanan.

Keywords


Kunci: Kolom Pasir, Penurunan, Tanah Lempung.

Full Text:

PDF

References


Adistia Yoga, 2017. Perilaku Pondasi Telapak Yang Diperkuat Kolom Pasir-Kapur Terhadap Pembebanan, Program Studi Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[ Dhani, N. 2013. Karakteristik Kolom Pasir Grouting Sebagai Metode Perkuatan Tanah Lempung Kepasiran. Tesis tidak diterbitkan. Program Sarjana Universitas Hasanuddin, Makassar.

Hardiyatmo, H.C., 2002, Mekanika Tanah I, Edisi ketiga, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Hardiyatmo, H.C., 2014. Analisa dan Perancangan Fondasi I, Edisi ketiga, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Hardiyatmo, H.C., 2015. Analisa dan Perancangan Fondasi II, Edisi ketiga, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Kemal, M.T., 2013, “Studi Perilaku Penurunan Tanah Kelempungan Dengan Perkuatan Kolom Pasir”.

Listyawan, A.B., Wiqoyah, Q., Renaningsih, dan Satriyana M.R.W., 2015, “Pengaruh Kolom Pasir Terhadap Konsolidasi Tanah Lempung Lunak”, Eco Rekayasa, Vol. 11, No. 1, hal 23 – 27.

Nugroho, R.S. Adhy, 2018. Pengaruh Perkuatan Kolom Pasir Terhadap Penurunan Pondasi Telapak Bujur Sangkar, Program Studi Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Nurindah, S., 2017. Pengaruh Perkuatan Kolom Pasir Terhadap Penurunan Pondasi Telapak, Program Studi Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Surakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31963/jacee.v2i1.2774

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher by:

Jurusan Teknik Sipil
Politeknik Negeri Ujung Pandang
Jalan Perintis Kemerdekaan KM.10 Tamalanrea
Makassar 90245

Indexed by :