Analisis Kapasitas Drainase Sinrijala Terhadap Operasi dan Pemeliharaan

Andi Nahrisa, Nurhikmah Alam, Basyar Bustan, Hasdaryatmin Djufri

Abstract


Drainase Sinrijala merupakan salah satu jaringan sistem drainase perkotaan kota Makassar yang memiliki banyak permasalahaan. Permasalahan-permasalahan tersebut diantaranya sedimentasi yang menumpuk pada dasar saluran, tumpukan sampah rumah tangga dan limbah industri, permasalahan interkoneksi saluran sekunder dan tersier ke saluran primer, serta kondisi eksisting struktur bangunan yang mengalami kerusakan.Dari permasalahan tersebut mengakibatkan terjadinya genangan di beberapa titik pada daerah sekitar drainase.Permasalahan sistem drainase sangat erat kaitannya dengan operasi dan pemeliharaan.Sehingga tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis kapasitas Drainase Sinrijala dan mencari solusi alternative dalam melakukan operasi dan pemeliharaan untuk peningkatan kapasitas Drainase Sinrijala.Dalam penelitian ini dilakukan dua analisis yaitu analisis kondisi saluran dan analisis kinerja operasi dan pemeliharaan saluran. Analisis terkait kondisi saluran dengan melakukan inventarisasi kondisi eksisting saluran dan menghitung debit penampang saluran (Qs) dan debit rencana (Qt) untuk mendapatkan nilai kapasitas saluran. Analisis kapasitas penampang dilakukan dengan menggunakan aplikasi HEC-RAS versi 4.1.0. Selain itu, melakukan penilaian terhadap kinerja operasi dan pemeliharaan dengan penyebaran kuesioner pada instansi terkait yang berwenang dalam pengelolaan drainase perkotaan kota Makassar. Penilaian responden menggunakan metode skala likert dan menganalisisnya dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS versi 26. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh debit rencana yang dihasilkan pada drainase Sinrijala adalah Q2 = 8,798 m3/detik dan Q5 = 10,304 m3/detik. Dari hasil simulasi eksisting dengan Q 2 tahun diperoleh P.16, P.17, P.18, P.19, P.20, P.21, P.22, P.23, P.24, P.25, P.26, P.27, P.28, P.29, P.30, P.32, P.33, dan P.34 tidak memenuhi syarat kapasitas saluran, sementara untuk Q 5 tahun tidak memenuhi syarat kapasitas saluran pada P.16, P.17, P.18, P.19, P.20, P.21, P.22, P.23, P.24, P.25, P.26, P.27, P.28, P.28, P.29, P.30 P.32, P.33, dan P.34. Sementara untuk penilaian kinerja, variabel Fisik Bangunan (X4) merupakan faktor yang berpengaruh dominan dalam kinerja peningkatan kapasitas Drainase Sinrijala, upaya dalam mengatasi permasalahan banjir dan genangan adalah melakukan normalisasi berupa pengerukan, penambahan tanggul dan perbaikan dinding saluran yang mengalami kerusakan berat menjadi prioritas utama untuk meningkatkan fisik bangunan drainase Sinrijala.


Keywords


Drainase Sinrijala, Kapasitas, Operasi dan Pemeliharaan, HEC-RAS, SPSS

Full Text:

PDF

References


Andana, Bayu ; Arisanty, Deasy dan Adyatma Sidharta. 2016.Evaluasi Daya Tampung Sistem Drainase di Kecamatan Banjarmasin Selatan.Banjarmasin : Universitas Lambung Mangkurat.

Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan – Jeneberang.Peta Master Plan Drainase Kota Makassar.Makassar.

Ghozali, Imam. 22011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang : Badan Penerbit Undip.

Kelinger, F. N. dan Lee, H. B. 2000.Foundation of Behavioral Research (Fourth Edition).USA : Holt, Reinnar & Winston, Inc.

Kodoatie, R. J. dan Sjarief, R. 2008.Pengelolaan Sumber Daya Air Terpadu. Andi Offset. Jakarta.

Lestari Jufrian, Mega dan Ardiansyah. 2019.Analisis Kinerja Drainase Jalan Pacerakang Kota Makassar.Makassar : Politeknik Negeri Ujung Pandang.

Menteri Pekerjaan Umum Republik Indonesia. 2014. Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Republik Indonesia Nomor 12/PRT/M/2014 tentang Penyelenggaraan Sistem Drainase Perkotaan. Jakarta.

Mursitaningsih.2009.Analisis Kinerja Saluran Drainase Di Daerah Tangkapan Air Hujan Sepanjang Kali Pepe Kota Surakarta.Bandung : Institut Teknolofi Bandung.

Priyo Hutomo, Fajar dan Firmansyah, Rheza. 2016.Analisis Hidrologi dan Kapasitas Sistem Drainase Kota Surakarta.Semarang : Universitas Negeri Semarang.

Restiani, Esi dan Sabri, Fadillah. 2015.Analisis Kinerja Sistem Drainase Keluarahan Kutp Panji Kecamatan Belinyu. (Online), (https://www.neliti.com/publications/61267/analisis-kinerja-sistem-drainase-kelurahan-kuto-panji-kecamatan-belinyu). Bangka Belitung : Universitas Bangka Belitung.

Suhardjono. 1984.Drainase.Malang : Universitas Brawijaya.

Sujarweni, V.Wiratna. 2014. SPSS untuk Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Baru Press.

Suripin.2004.Sistem Drainase Perkotaan yang Berkelanjutan. Penerbit ANDI.Yogyakarta.

Sitepu. 2019.Simulasi Morfologi Dasar Sungai Way Sekampung Menggunakan Software HEC-RAS.Lampung : Universitas Lampung.

Trisno Saputro, Danang ; Ismoyo, M. Janu dan Hadi Wicaksono, Prima.Perencanaan Drainase Perkotaan di Kota Nanga Bulik Kabupaten Lamandau Provinsi Kalimantan Tengah.Malang : Universitas Brawijaya.

Vigiyanto, Antok.Analisis Normalisasi Saluran Drainase Kecamatan Kota Di Kabupaten Tuban.Surabaya : Universitas Negeri Surabaya.

Yuswar.2015. Analisis Pengelolaan dan Pemeliharaan Drainase Kota Banda Aceh Secara Terpadu, (Online), (https://etd.unsyiah.ac.id/baca/index.php?id=13486&page=6). Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala.




DOI: http://dx.doi.org/10.31963/jacee.v1i1.2672

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher by:

Jurusan Teknik Sipil
Politeknik Negeri Ujung Pandang
Jalan Perintis Kemerdekaan KM.10 Tamalanrea
Makassar 90245

Indexed by :